Minggu, 13 Januari 2013

Negara Bagian Kelantan

Kelantan adalah negara bagian Malaysia. Modal dan kursi kerajaan adalah Kota Bharu. Yang kehormatan Arab negara adalah Darul Naim, ("The Abode Blissful").

Kelantan diposisikan di utara-timur Semenanjung Malaysia. Hal ini berbatasan dengan Provinsi Narathiwat Thailand ke utara, Terengganu ke selatan-timur, Perak ke barat, dan Pahang ke selatan. Di sebelah utara-timur dari Kelantan adalah Laut Cina Selatan.

Kelantan terletak di sudut utara-timur semenanjung, Kelantan, yang katanya untuk menerjemahkan sebagai "Tanah Lightning" (lihat teori alternatif di bawah ini), adalah sebuah negara agraris dengan sawah yang subur, desa-desa nelayan pedesaan dan cemara-berbaris pantai. Kelantan adalah rumah bagi beberapa penemuan arkeologi paling kuno di Malaysia, termasuk beberapa permukiman Aborigin prasejarah.

Gaya hidup Karena relatif terisolasi Kelantan dan sebagian besar pedesaan, budaya Kelantan agak berbeda dari budaya Melayu di seluruh semenanjung, hal ini tercermin dalam masakan, seni, dan dialek Melayu yang khas Kelantan, yang tidak dapat dipahami bahkan untuk beberapa penutur bahasa Melayu standar .

Tinggi meningkat di lereng Gunung Korbu, puncak tertinggi kedua di Semenanjung Malaysia, Sungai Nengiri mengalir timur untuk bergabung terlebih dahulu dengan Galas, dan kemudian dengan Lebir tersebut - yang terakhir lahir di belantara Taman Negara National Park - sebelum berbalik tegas utara dan mengosongkan ke perairan dangkal Laut Cina Selatan. Dari Kuala Krai sungai siam menjadi Sungai Kelantan, sebuah, luas lumpur berwarna sungai yang mendominasi dataran pantai yang subur dan mendefinisikan geografi daerah. The Kelantan lembah Sungai adalah subur padi-mangkuk, kaya kayu keras dan karet dan subur dengan buah-buahan tropis.

Selama berabad-abad, Kelantan itu semua tapi terpisah dari sisa negara oleh Pegunungan Titiwangsa, pegunungan berjalan dari utara ke selatan melalui semenanjung. Minggu perjalanan keras yang diperlukan untuk mencapai Kelantan. The "cara mudah" untuk Kelantan adalah untuk berlayar di seluruh semenanjung, menantang laut dan bajak laut. Untuk alasan ini sejarah Kelantan sering melibatkan laut, dan perahu. Bahkan saat ini, banyak orang yang sangat banyak terkait dengan laut. Sebuah diskusi dengan warga pesisir akan mengkonfirmasi bahwa nenek moyang mereka, sejauh mereka tahu, adalah "laut."

Pada awal 1980-an, jalan batang dibangun untuk menghubungkan dengan negara-negara terdekat. Saat ini, seseorang dapat melakukan perjalanan melalui jalan darat dari ibu kota Kuala Lumpur ke Kota Bharu melalui pegunungan dalam waktu 8 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar